REVIEW 
Website BUMN dan PlatForm E-Commerce


Kuntari Arintiati
18811134016
D3 Administrasi Perkantoran A


    Website BUMN

1.    Garuda Indonesia
Menurut saya website Garuda Indonesia website yang sangat bagus website Garuda Indonesia adalah website yang memiliki orientasi pendekatan komunikasi lebih kepada marketing communication. Website Garuda Indonesia tersedia dalam dua bahasa yakni bahasa Indonesia dan english. Dari sisi layout, website Garuda punya 4 navigasi utama sangat bagus. Dari sisi design, website Garuda Indonesia memiliki tampilan yang menarik dengan design dan layout yang cukup user friendly dan komunikatif, Dari sisi warna, pemilihan warna sudah sangat sesuai dengan corporate identity Garuda Indonesia. Dilihat dari ornament design, blocking space bahkan hingga bentuk font yang dipilih, Garuda Indonesia sangat memperhatikan keselarasan dalam websitenya. Dari sisi foto yang ditampilkan dalam website cukup baik dan sesuai dengan content informasi yang disampaikan. Webside Garuda Indonesia  menyajikan informasi mengenai rute yang dilayani oleh Garuda Indonesia baik domestik maupun internasional dan jadwal. Pengunjung website bisa melakukan pembelian barang melalui Garuda Indonesia. Untuk informasi mengenai Karir, Garuda Indonesia menyediakan informasi lowongan pekerjaan yang tersedia lengkap dengan spesifikasi yang diinginkan dan deadline lamaran pekerjaan. Garuda Indonesia juga menyediakan register online yang terdaftar kedalam database Garuda Indonesia. Kekurangan yaitu tombol navigasi untuk perubahan ke bahasa inggris dan lebih menonjolkan e commerce untuk penjualan merchandise.

2.    PT. KAI Persero
Menurut saya website PT. KAI Persero website yang sangat bagus di dalam webside ini sudah sangat lengkap tedapat tempat pemesanan tiket dan penjadwalan kereta. Tedapat logo perusahaan serta, terdapat informasi mengenai kereta isinya sudah berfariasi juga sudah terdapat isi mengenai karier, alamat PT KAI Persero dan warna webside cenderung dominan putih dari isinya lebih di tonjolkan tentang pemesanan tiket kereta api. Kekurangan menurut saya lebih ditmahkan lagi mengenai informasi PT.KAI Persero
Sumber  : https://kai.id/

3.    Jasa Raharja
Menurut saya website Jasa raharja sangat bagus di dalam webside ini sudah sangat lengkap terdapat logo perusahaan warna dari baground website ini berwarna biru putih pas dengan logonya. Terdapat berita menegai jasa raharja, terdapat alamat kantor pusat, dan peta perusahaan jasa raharja di Indonesia. Terdapat laporan tata kelola setiap tahun dan Profil jasa raharja. Di dalam jasa raharja juga diberikan prosedur santunan, jumlah santunan, lingkup jaminan dan Formulir santunan. Untuk saya dari semuanya cukup lengkap dan websitenya rapi mungkin lebih di tingkatkan lagi informasinya

4.    PT. Jasa Marga
Menurut saya website Jasa marga sangat bagus di dalam webside ini sudah sangat lengkap terdapat logo perusahaan warna dari baground pas dengan logonya. Isinya sudah sangat lengkap terdapat informasi aktivitas jasa marga, Terdapat informasi fasilitas jalan tol , cctv, traffic, kartu, informasi transaksi, dan majalah internal perusahaan. Terdapat layanan pemandu tol di seluruh Indonesia dari mulai rute, tarif dan, peta mengenai infomasi perusahaan. Untuk saya dari semuanya cukup lengkap dan websitenya rapi mungkin lebih di tingkatkan lagi informasinya

5.    Pos Indonesia
Menurut saya website Pos Indonesia sangat bagus di dalam webside ini sudah sangat lengkap terdapat logo perusahaan warna dari baground website ini berwarna orange pas dengan logonya. Terdapat informasi mengenai tarif pengiriman dan informasi mengenai kantor pos terdekat. Terdapat informasi mengenai Pos Indonesia Terdapat informasi mengenai berita terkini kantor pos.  dan tentang kontak pos indoneisa. Untuk bahasanya sudah bagus terdapat 2 bahasa yaitu Indonesia dan English. Untuk saya dari semuanya cukup lengkap dan websitenya rapi mungkin lebih di tingkatkan lagi informasinya
Sumber : https://www.posindonesia.co.id/id


Platform E-Commerce

1.      Lazada
Menurut saya tampilan lazada sangat bagus dan cukup bersahabat dengan penggunaanya serta, produk yang ditawarkan sangat beraneka ragam sehingga memudahkan penggunanya berbelanja dan memilih barang yang ingin dibeli. Di dalam lazada juga menyediakan diskon pembelian yang cukup beraneka ragam Bebas ongkos kirim untuk beberapa wilayah tertentu di Indonesia juga melayani COD atau Cash On Delivery, hal ini berguna bagi para pembeli yang merasa kurang percaya dan takut akan adanya penipuan. Pengiriman barang yang cukup cepat bila dibandingkan dengan situs online lainnya. Kekurangan dalam lazada konfirmasi pembayaran yang terbilang lama. Hal ini sering membuat para pembelinya merasa khawatir. Fasilitas COD yang masih terbatas di wilayah sekitar Ibukota Jakarta saja. Sehingga untuk daerah-daerah lainnya masih harus menggunakan fasilitas jasa kirim barang.

2.      Tokopedia
Menurut saya tampilan Tokopedia sangat bagus dengan baground warna hijau yang sudah pas dengan identitasnya. Produk dagang yang ada di Tokopedia sangat bervariasi. Dalam melakukan transaksi pembayaran, Tokopedia cukup sigap. Produk yang dijual di Tokopedia bisa dijamin keadaannya dalam kondisi yang baik. Tokopedia mempunyai syarat dan ketentuan yang berlaku untuk melakukan transaksi jual beli secara online Tokopedia menyediakan fitur pembukaan toko online pribadi yang gratis tanpa pungutan biaya. Kekurangan ada beberapa penjual online yang mempunyai barang dagangan yang sama hal ini kurang dibatasi oleh Tokopedia sehingga akan ada banyak persaingan yang ketat dengan penjualan produk yang sama. Banyak pembeli yang hanya main-main atau iseng saja dalam menawar barang yang dijual. Tokopedia kurang lengkap dalam menampilkan nomor telepon yang bisa dihubungi untuk konfirmasi setelah melakukan transaksi pembayaran dan juga pengiriman barang.

3.      Bukalapak
Menurut saya tampilan Bukalapak sangat bagus dengan baground warna merah yang sudah pas dengan identitasnya serta, inovasi yang lebih baik dalam hal tampilan. Karena situs ini merupakan salah satu situs yang cukup lama berkecimpung dalam dunia situs jual beli online, maka situs ini merefresh tampilannya. Penginputan foto produk tidak terlalu bermasalah walaupun di unggah 5 foto sekaligus. Manajemen stok produk yang akurat. Banyak opsi jasa pengiriman yang ditawarkan dalam situs ini. Banyak tawaran promo dan diskon untuk produknya. Proses transfer yang terbilang cepat. Mempunyai fitur yang bisa dipakai untuk promosi lapak ke situs lainnya. Kekurangan SEO yang kurang optimal ketika hendak dicari di Google. Aplikasi Bukalapak ini membutuhkan RAM yang baik. Sehingga sering lambat dalam pengoperasiannya Tidak memiliki fitur pemblokiran terhadap pembeli yang bermasalah.


4.      Shopee
Menurut saya tampilan shopee sangat bagus dengan baground warna orange yang sudah pas dengan identitasnya  Shopee ini memberikan kemudahan bagi penjual untuk mengunggah foto barang dagangan mereka hingga 9 foto. Ada semacam fitur pemberitahuan tentang pembayaran sampai dengan penyelesaian transaksi. Pengguna Shopee akan melihat fitur khusus barang yang diblokir ketika ada masalah dengan barang yang akan dijual. Shopee memberi kemudahan bagi produk yang memilik varian motif, warna hingga ukuran. Shopee memberikan fitur pengunduhan foto melalui Instagram dan bisa menambahkan hastag sampai 18 buah. Di shoppe banyak Program-program shopee yang menarik untuk diikuti serta. Shopee termasuk salah satu aplikasi online shop yang bisa bayar di tempat atau COD dilengkapi chat langsung dengan penjual atau seller di shopee Mudahnya cara belanja di shopee bagi pemula, gak ribet dan mudah mencari barang yang mau dibeli serta mencari toko yang mau dikunjungi. Kekurangan Tampilan dari penjelasan produk yang kurang menarik bagi sebagian pengguna situs belanja online ini. Karena banyaknya yang mengakses situs jual beli online ini, terkadang pada jam-jam tertentu situs ini cukup susah atau lambat untuk diakses. Penjual diberi kesempatan mengunggah foto dari produk yang akan dijual dengan jumlah yang banyak, namun tidak jarang foto yang di unggah mengalami kesalahan dan bahkan gagal di unggah. Penginputan nomor resi juga sering mengalami kegagalan pada waktu-waktu tertentu.

5.      Zalora
Menurut saya tampilan Zalora sangat bagus dengan baground warna yang sudah pas dengan identitasnya. Zalora ini mempunyai tampilan situs maupun aplikasi yang sangat user friendly yang sangat memudahkan penggunanya dalam memilih dan juga membeli sebuah produk, check out, dan juga saat ingin melihat menus yang ada. Zalora sendiri juga menyediakan gratis 30 hari pengembalian barang apabila barang yang dikirim tidak sesuai dengan pesanan. Zalora tidak pernah menyediakan barang-barang palsu atau biasa di sebut KW, semua produk yang terdapat di Zalora ini sendiri dijamin 100 persen asli original.  Fitur voucher yang ada di Zalora ini sangat lah memungkinkan anda untuk belanja menjadi lebih hemat dengan tersedianya potongan harga hingga 15 persen. Kekurangan dari zalora ketika melakukan konfirmasi pembayaran masih harus menggunakan sistem manual, sehingga memakan waktu yang agak lama dan juga memerlukan waktu beberapa jam.
Sumber :



Komentar

Postingan Populer